Minggu, 08 Mei 2016

Video metode Joyfulleraning (PAKEM make and match)



Pembelajaran Menyenangkan (PAIKEM dengan make and match)
Dalam video ini membahas mengenai metode pembelajaran yang menyenangkan. Metode ini dapat disebut juga Joyfullearning  atau PAIKEM dari singkatan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan. Metode ini sangat penting sekali bagi para pendidik untuk membuat kreasi dalam pengajarannya di dalam pembelajaran. Supaya tidak terasa jenuh, monoton, dan membosankan. Karena dengan metode pembelajaran PAIKEM ini siswa dapat belajar sambil bermain.
Video PAIKEM make and match ini menampilkan sebuah ruang kelas yang modern sudah memakai LCD, laptop,  alat pengeras suara, kemudian bangku dan meja yang sudah sangat memadai. Dan juga ustadz atau guru yang sudah professional dalam mengajar.
Di dalam kelas ini terdapat peserta didik putra dan putri, mereka dengan khidma dan serius menyimak penjelasan dari ustadz. Ustadz ini menjelaskan tentang kitab-kitab Allah dan Nabi yang membawanya. Kemudian ustadz ini memperlihatkan kepada para siswa sebuah cuplikan video yang di tayangkan dalam sebuah layar. Video ini tentang 4 kitab dan para Nabi yang membawanya dengan sebuah ilustrasi kartun yang bermain peran.
Kemudian, ustadz membagi mereka menjadi 4 kelompok yang dalam kelompok itu putra dan putri tidak dicampur melainkan dipisahkan. Lalu ustadz memberi mereka sebuah pertanyaan mengenai video yang ditayangkan sebelumnya dan sifat pertanyaan ini siapa cepat dia dapat. Selanjutnya sang ustadz pun memberi mereka lembaran kertas yang berisi tulisan 4 kitab Allah dan Nabi yang membawanya. Ustadzh ini membagi lembaran kertas tersebut  tiap kelompok. Lalu ustadz memberi tugas para siswa untuk menjodohkan kitab dengan Nabi yang membawanya dengan diberi durasi waktu mereka dengan segera bekerjasama menjodohkan kertas-kertas tersebut.
Nah, dari sini dapatlah kita simpulkan pembelajaran tidak hanya dengan metode ceramah terus menerus, namun dapat menggunakan metode PAIKEM ini agar siswa tidak merasa jenuh dan bosan. Dalam metode ini anak merasa senang merasa bermain namun juga mendapat pelajaran.


1 komentar:

  1. Free Spins No Deposit 2021【Malaysia】
    The best online casinos in Australia allow players 카지노사이트luckclub to play free spins without any deposit required. The bonus has a maximum win of x50,000.

    BalasHapus