Selasa, 02 Juni 2015

Tarbiyah Abna' "BAGAIMANA NABI MENDIDIK ANAK" -Syaikh Musthafa Al Adawi-

BAGAIMANA NABI MENDIDIK ANAK

  • Berdo'a Agar Mendapat Keturunan yang Shalih : bila kita telah mengetahui dan yakin bahwa yang memberi hidayah adalah Allah, yang menjaga manusia adalah Allah, maka hendaknya kita menghadapkan diri kepada Allah untuk memohon keturunan yang sholih dan sholihah. kita tidak boleh mendo'akan kejelekan untuk anak dikhawatirkan doa yang kita ucapkan bertepatan dengan waktu dikabulkannya doa sehingga kita menyesal di kemudian hari. 
  • Pengaruh Kebaikan dan Amal Shalih Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak : seorang anak yang melihat orangtuanya selalu berdzikir, mengucapkan tahlil, tahmid, tasbih dan takbir niscaya akan menirunya mengucapkan kalimat la ilaha illallah, subhanallah, dan allahuakbar. 
  • Membiasakan Melindungi Anak dari Setan : yang banyak dilupakan oleh orangtua seperti halnya memsucikannya dari kencing bayi, khitan,dll
  • Melatih Ketaatan pada Anak Sejak Kecil : jangan membebani anak diluar kemampuannya, perhatikanlah kemampuan anak, ringankanlah hukuman baginya,menyemangi anak berbuat baik.
  • Mengajarkan Adab yang Baik Kepada Anak : mendo'akan anak ketika bersin, ajarkan anak ketika menguap, minta izin ketika mengambil barang anak, bermusyawarahlah kepada anak pada suatu masalah yang mereka pahami,imam shalat bagi anak,menjenguk anak yang sakit.
  • Hal-Hal yang Mempengaruhi Pendidikan Anak : perilaku anak terhadap saudara laki-laki dan perempuan,pisahkan tempat tidur mereka,mendorong anak memilih teman yang baik(shalih) dan melarang memilih teman-teman yang jelek,mencari guru yang shalih bagi anak-anak,teknologi dan pengaruhnya bagi anak, keadaan lingkungan kampung, hubungan dengan tetangga,rekreasi dan tempat-tempat bermain anak.
  • Anak-Anak, Rukun Iman dan Rukun Islam : ajarkanlah kepada anak kita tentang iman kepada kitab-kitab, iman terhadap para rasul, iman kepada hari kimat, iman kepada takdirullah. juga ajarilah anak kita untuk mengucapkan dua kalimat syahadat, ajarilah tatacara shalat, ajarilah untuk berpuasa, untuk bersedekah, ajarilah tentang berhaji dan umrah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar