Minggu, 08 Mei 2016

Artikel Peran Mahasiswa PAI UMY untuk memperbaiki pendidikan Indonesia



Peran Mahasiswa PAI UMY untuk Memperbaiki Pendidikan Indonesia
Pada dasarnya pendidikan di Indonesia ini sangat minim sekali dipengaruhi oleh beberapa faktor. Yaitu dari faktor biaya, keterbelakangan pendidikan daerah plosok, dan kurangnya penekanan dalam dunia pendidikan mengenai aspek spiritual  dan akhlaq para peserta didik.
Sedangkan pada kenyataan yang ada sekarang ini pendidikan di Indonesia sangat kurang sekali. Terutama pada pendidikan agama, yang dimana Negara Indonesia sangat dominan dengan keyakinan menganut agama Islam. Namun, di masyarakat istilah agama tidak lebih hanyalah sebatas status saja, tanpa mereka dalami dan pelajari. Wallahualam
Dalam islam makna guru atau pendidik pada prinsipnya tidak hanya mereka yang mempunyai kualifikasi keguruan secara formal diperoleh dari bangku sekolah perguruan tinggi, melainkan yang terpenting adalah mereka yang mempunyai kompetensi keilmuan tertentu dan dapat menjadikan orang lain pandai dalam segi kognitif, afektif, psikomotorik.
Oleh karena itu guru hendaknya mampu memilih dan mengembangkan bahan pengajaran yang sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Disamping itu guru juga dianjurkan untuk mengkaji strategi atau metode pengajaran dan berlatih mengembangkannya sehingga sesuai dan tepat bagi peserta didiknya.
Nah, dalam artikel ini membahas mengenai “peran mahasiswa PAI UMY untuk memperbaiki pendidikan Indonesia”. Pendidikan Agama Islam yang tidak hanya sekedar pendidikan biasa, dimana program studi disini menekankan peran pendidik yang berwawasan islami yang sangat kompleks, materi dan isi yang begitu abstrak tidak seperti ilmu eksak yang mempunyai jawaban pasti. Dari Allah berkehendak ingin menciptakan bumi ini dampai kita manusia ini di lahirkan di tanah ini dan sampai sampai semua makhluk di ala mini dimatikan olehNya. Semua dibahas dan disampaikan pada pendidikan agama islam disini. Secara kompleks dan detail disampaikan. Dan yang nantinya akan di transferkepada anak didik kita semua. Anak didik seorang siswa maupun anak didik yang itu nantinya menjadi anak kandung kita sendiri.
 Mahasiswa PAI UMY diharapkan dapat menjadi pengaruh yang besar terhadap pendidikan Indonesia sehingga menjadi lebih baik lagi. Dengan adanya program studi PAI di UMY ini diharapkan dapat membentuk para alumnus yang berjiwa pendidikan, berakhlaq, dan mempunyai bekal keagamaan islam. Segi tata krama seperti dalam adat jawa yaitu “unggah-ungguh” dalam berbicara bertingkah laku menyayangi yang lebih muda dan menghormati yang lebih tua, dan dengan cara gaya berbicara dan berfikir yang islami, karena mereka diberi bekal ulumul qur’an, ulumul hadits, ushul fiqh, dan juga diberi bekal ilmu kenegaraan yang mereka bisa juga mentaati peraturan yang ada pada Negara Indonesia yang demokratis ini.
 Mahasiswa PAI UMY harus mampu membawa perubahan yang lebih baik pada pendidikan di Indonesia terutama mengenai akhlaq dan moral Indonesia anak-anak karena merepa merupakan cikalbakal pemimpin bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar