Senin, 01 Juni 2015

Transformasi Pendidikan Islam : Konteks Pendidikan Pondok Pesantren

 Jurnal.UPI.EDU

Husmiaty-Hasyim
Pesantren sebagaisuatu institusi pendidikan yang sangat cocok untuk para santri  terutama pada suatu sikap kezuhudan seseorang, agar memahamkan bagaimana suatu kesederhanaan.  Posisi tersebut memungkinkan pesantren menjadi wahana pemberdayaankhususnya yang efektif bagi masyarakat dengan tetap berpijak pada nilai-nilai cultural yang melandasinya. Artikel ini berbicara tenang transformasi Pendidikan Islam dalam konteks Pendidikan Pondok pesantren. Pondok pesantren muncul menjadi sebuah institusi yang memiliki berbagai kelengkapan fasilitas untuk membangun potensi-potensi santri, tidak harus dalam segi akhlak-nilai, intelektual dan spiritual, tetapi juga atribut atribut fisik dan material. Dengan tetap mempertaankan ciri khasnya, melalui kajian kitab-kitab kuning (kitab klasik yang berbahasa arab), pesantren juga mengadopsi sistim klasikal formal. Seperti yang terdapat pada madrasah atau sekolah umum, tetapi dengan mempertahankan keaslian materi kurikulum yang sudah ada. Pesantren menggunakan sisitem sekolah juga dengan sistem kemasyarakatan yang di implementasikan didalamnya menjadikan sebuah pesantren semakin kompleks. Pesantren akan dapat berperan efektif bila ada upaya meningkatkan peran sertanya dalam tatanan kehidupan masyarakat modern. Penigkatan peran pesantren tersebut akan mempunyai makna yang sangat besar dalam mewujudkan tatanan ke Islaman menjadi rahmat bagi seluruh alam di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar